Xiaomi dikenal dengan komitmennya memberikan kualitas gadget terbaik dengan price range yang terjangkau. Spirit ingin membuat sebuah ekosistem dan teknologi untuk semua kalangan dibuktikan dengan merekrut mantan Vice President Android, Hugo Barra pada 2013 silam. Pengalaman di lingkungan Google dalam mengelola teknologi untuk semua khalayak membuat Xiaomi semakin berkembang masif seperti sekarang. Tak terkecuali pasar Indonesia yang mulai ditargetkan dengan dirilis smartphone seri Redmi 1s pada 2014 silam. Dihitung secara tahun, sudah hampi 10 tahun brand xiaomi ada di Indonesia, dan berkembang tidak hanya sebatas smartphone. Mari kita bahas lebih dalam.

Kualitas Produk

Di awal kemunculannya dimana sudah ada brand besar seperti Samsung dan HTC yang sudah eksis dengan produk otentiknya, xiaomi datang dengan menghadirkan device yang memiliki kualitas yang baik walaupun muncul dengan produk awal yang entry level. Pemilihan processor yang lebih dikenal, material yang durable, sampai dengan kelengkapan seperti accesories. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk membeli produk-produk Xiaomi.

Harga Terjangkau

Mungkin faktor yang cukup besar jadi pertimbangan atau memang strategi Xiaomi meraih pasar baru dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan merek lain dengan spesifikasi yang serupa. Tak jarang para leader xiaomi mengemukakan bahwa mereka sengaja tidak memfokuskan ke keuntungan secara bisnis, tapi lebih untuk menghadirkan gadget terjangkau dengan kualitas terbaik.

Marketing & Komunitas

Xiaomi sadar bahwa komunitas adalah faktor yang cukup berpengaruh saat pengguna Android memutuskan pembelian. Dengan basis komunitas yang kuat, ketika ada issue, umumnya dukungan solusinya dari komunitas akan lebih cepat dan beragam. itulah kenapa komunitas pengguna xiaomi atau biasa disebut dengan mi fans sangat militan ketika merekomendasikan produk xiaomi. Bahkan setiap kota seperti berlomba membentuk komunitas masing-masing dan tak jarang xiaomi mendukung kegiatan mereka. Bisa dibilang ini trik promosi yang agresif, tapi nyatanya memang hal ini membantu brand Xiaomi menjadi lebih dikenal di Indonesia.

Inovasi Produk

Mulai masuk dengan gadget jenis smartphone dengan ser Redmi 1s, sekarang jika kamu search di marketplace, kamu bisa menemukan home appliances seperti rice cooker, cctv sampai hal terkecil seperti colokan listrik. Varian produk inovatif yang dihadirkan semakin menyukseskan campaign Xiaomi tentang ekosistem gadget mereka. Xiaomi juga memproduksi wearable device seperti smart band dan smart watch, setiap produk baru, xiaomi selalu riding the wave untuk memproduksi hal serupa.

Ketersediaan Produk

Ketersediaan alias stock adalah hal krusial. Sebagus apapun gadget yang dirilis, seberapa masiv ketertarikan pasar, semua menjadi percuma jika produk susah ditemukan atau bahasa umumnya adalah “barang ghoib”.. Xiaomi sadar akan hal ini, itulah kenapa mereka memilih merintis experience shop seperti yang dilakukan Apple dengan nama Xiaomi Store sebagai toko resmi tempat para Xiaomi Fans menemukan semua produk teranyarnya. Jaringan distribusi yang luas di Indonesia membuat produk-produknya Xiaomi mudah ditemukan bahkan di daerah yang bukan di kota besar sekalipun.

Secara market share, dari IDC (International Data Corporation), per 2022 xiaomi berada di posisi keempat di bawah Oppo, Samsung dan Vivo dengan angka 14,2 persen. Walaupun posisinya terancam oleh kelompok Oppo, Vivo, dan Realme, tapi Xiaomi fans tetap loyal. Kita lihat sepak terjang Xiaomi dengan gadget-gadget barunya.

Share This

Share This

Share this post with your friends!