Khitan merupakan salah satu syariat dari Nabi Ibrahim AS, yang memiliki makna dan representasi dari kebersihan jiwa dan kerelaan berkorban. Secara etimologis, khitan merupakan bentuk masdar dari fi’il madhi khotana yang berarti memotong. Secara terminologi dalam Islam, khitan adalah memotong seluruh kulit yang menutup hasyfah (kepala zakar) kemaluan laki-laki sehingga semua hasyfah terbuka.

Selain itu, dalam syariat Nabi Muhammad SAW khitan merupakan kewajiban bagi laki-laki. Bagi seseorang yang telah melaksanakan khitan, maka setelahnya ibadah salatnya menjadi sah dan najis yang ada pada kemaluannya pun hilang karena qulub (ujung kemaluan) dipotong.

Menurut hadits riwayat Bukhari & Muslim:

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ – أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ – الْخِتَانُ وَالاِسْتِحْدَادُ وَنَتْفُ الإِبْطِ وَتَقْلِيْمُ الأََظْفَارِ وَقَصُّ الشَّارِبِ

Fitrah itu ada lima: Khitan, mencukur rambut kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, dan memotong kumis.

Ulama dari empat madzhab (Hanafi, Maliki, Syafi’i, Hambali) sepakat bahwa melaksanakan khitan dianjurkan oleh agama. Imam Nawawi dalam Al-Majmuk, hlm 1/352, menyatakan:

قَالَ الشَّيْخُ أَبُو مُحَمَّدٍ الْجُوَيْنِيُّ فِي كِتَابِهِ التَّبْصِرَةُ فِي الْوَسْوَسَةِ : لَوْ وُلِدَ مَخْتُونًا بِلَا قلفة فَلَا خِتَانَ لَا إيجَابًا وَلَا اسْتِحْبَابًا ، فَإِنْ كان من القلفة التى تغطي الحشفة شئ مَوْجُودٌ : وَجَبَ قَطْعُهُ ، كَمَا لَوْ خُتِنَ خِتَانًا غَيْرَ كَامِلٍ ، فَإِنَّهُ يَجِبُ تَكْمِيلُهُ ثَانِيًا حَتَّى يُبَيِّنَ جَمِيعَ الْقُلْفَةِ الَّتِي جَرَتْ الْعَادَةُ بِإِزَالَتِهَا فِي الْخِتَانِ .

Abu Muhammad Al-Juwaini berkata dalam kitabnya At-Tabshirah fi Al-Waswasah: ‘Jika seorang anak lahir dalam keadaan telah tersunat dan tidak berkulup, maka tidak wajib dan tidak pula mustahab (sunnah) baginya khitan. Namun, jika ada sedikit kulup yg menutup ujung zakar, maka itu wajib dipotong. Sebagaimana jika ia dikhitan tidak sempurna, maka wajib menyempurnakannya kedua kalinya sampai jelaslah seluruh kulup yg biasanya dihilangkan.

Share This

Share This

Share this post with your friends!