Tumbuh menjadi hamba yang bertaqwa adalah hal yang dicita-citakan seluruh ummat. Ikhtiyar untuk senantiasa bertaqwa kepada Allah selama menjalankan seluruh rangkaian hidup di dunia, adalah itikad untuk dapat menggapai nikmat di akhirat nanti. Nikmat terbesar di tataran ukhrawi bagi ummat Islam adalah ketika nanti di akhirat dapat merasakan indahnya surag yang Allah ciptakan untuk seluruh ummat-Nya.

Kebahagiaan yang Allah berikan ketika Dia memasukkan ummat ke surga adalah bahagia yang abadi, seperti yang Allah sampaikan dalam firman-Nya:

“Salam sejahtera semoga terlimpah kepada kalian.  Berbahagialah kalian! Maka masuki ke dalam surga ini, sementara kalian kekal berada di dalamnya,”
(QS al-Zumar [39]: 72).

Sebagai ummat Islam, tidak afdhol rasanya jika kita hanya mendambakan kehidupan bahagia yang kekal di surga tanpa mengenal beragam surga yang Allah ciptakan. Berikut adalah beberapa surga yang perlu diketahui manusia:

1. Surga Firdaus

Surga firdaus adalah tingkatan surga yang paling tinggi, dan hanya orang-orang terpilih yang dapat merasakannya. Hal ini dijelaskan pada QS. Al Mu’minun: 1-11,

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusyu dalam shalatnya. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna. Dan orang-orang yang menunaikan zakat. Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya. Kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. Dan orang-orang yang memelihara sholatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi. (Yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.”

2. Surga ‘and

Surga yang terbuat dari intan putih ini disiapkan untuk orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah.

اِنَّ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِۙ اُولٰٓٮِٕكَ هُمۡ خَيۡرُ الۡبَرِيَّةِ جَزَآؤُهُمۡ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ جَنّٰتُ عَدۡنٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُ خٰلِدِيۡنَ فِيۡهَاۤ اَبَدًا ‌ؕ رَضِىَ اللّٰهُ عَنۡهُمۡ وَرَضُوۡا عَنۡهُ ‌ؕ ذٰلِكَ لِمَنۡ خَشِىَ رَبَّهٗ

“Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ’Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya”.
(QS. Al Bayyinah: 7-8)

3. Surga Na’im

Surga na’im disiapkan untuk orang-orang yang beramal saleh, dan terbuat dari perak putih.

اِنَّ لِلۡمُتَّقِيۡنَ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ جَنّٰتِ النَّعِيۡمِ

“Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya.”
(QS. Al-Qalam: 34)

اِنَّ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا وَعَمِلُوۡا الصّٰلِحٰتِ لَهُمۡ جَنّٰتُ النَّعِيۡمِۙ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan”
(QS. Luqman :8)

4. Surga Ma’wa

Keindahan surga ini berasal dari zamrud hijau, dan penghuninya juga orang-orang yang beramal saleh.

اَمَّا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ فَلَهُمۡ جَنّٰتُ الۡمَاۡوٰى نُزُلًاۢ بِمَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ

“Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, maka bagi mereka surga-surga tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”
(QS. As-Sajdah:19)

وَاَمَّا مَنۡ خَافَ مَقَامَ رَبِّهٖ وَ نَهَى النَّفۡسَ عَنِ الۡهَوٰىۙفَاِنَّ الۡجَـنَّةَ هِىَ الۡمَاۡوٰىؕ

Orang-orang yang takut pada kebasaran Allah SWT dan menahan diri dari hawa nafsu buruk.
“Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. maka sesungguhnya syurgalah tempat tinggal (nya).”
(QS. An-Nazi’at:40-41)

5. Surga Darussalam

Yakut merah adalah bahan asal terbuatnya surga ini. Calon penghuninya adalah orang yang kuat iman dan Islamnya, serta mengamalkannya ayat-ayat Alquran.

لَهُمۡ دَارُ السَّلٰمِ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ‌ وَهُوَ وَلِيُّهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ

“Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.”
(QS. Al-An’am:127)

6. Surga Darul Muqamah

Surga Darul Muqamah diciptakan dari permata putih. Calon penghuninya adalah orang-orang yang melakukan banyak kebaikan.

وَقَالُوا الۡحَمۡدُ لِلّٰهِ الَّذِىۡۤ اَذۡهَبَ عَـنَّا الۡحَزَنَ ؕ اِنَّ رَبَّنَا لَـغَفُوۡرٌ شَكُوۡرُ اۨلَّذِىۡۤ اَحَلَّنَا دَارَ الۡمُقَامَةِ مِنۡ فَضۡلِهٖ‌ۚ لَا يَمَسُّنَا فِيۡهَا نَصَبٌ وَّلَا يَمَسُّنَا فِيۡهَا لُـغُوۡبٌ

“Dan mereka berkata:” Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu “.
(QS. Fathir :34-35)

7. Surga Al Maqaamul Amin

Surga Al Maqaamul Amin adalah surga yang diciptakan dari emas. Calon penghuninya adalah orang-orang yang sangat beriman, yaitu yang benar-benar bertakwa kepada Allah SWT.

اِنَّ الۡمُتَّقِيۡنَ فِىۡ مَقَامٍ اَمِيۡنٍۙ

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam tempat yang aman.”
(QS. Ad-Dukhan:51)

8. Surga Khuldi

Surga Khuldi adalah surga yang diciptakan Allah SWT dari marjan merah dan kuning. Calon penghuninya adalah orang-orang yang bertaqwa, atau menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

قُلۡ اَذٰ لِكَ خَيۡرٌ اَمۡ جَنَّةُ الۡخُـلۡدِ الَّتِىۡ وُعِدَ الۡمُتَّقُوۡنَ ‌ؕ كَانَتۡ لَهُمۡ جَزَآءً وَّمَصِيۡرًا لَّهُمۡ فِيۡهَا مَا يَشَآءُوۡنَ خٰلِدِيۡنَ‌ ؕ كَانَ عَلٰى رَبِّكَ وَعۡدًا مَّسۡـــُٔوۡلًا

“Katakanlah: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.”
(QS. Al-Furqan:15)

Share This

Share This

Share this post with your friends!