Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam menjaga kesehatan, selain menjaga asupan makanan tapi juga harus diimbangin dengan olah raga untuk keseimbangan. Membakar kalori dengan olah raga sangat penting, jadi tidak hanya menambah kalori dengan makan, tapi juga diimbangi dengan olah raga. Ketika badan sehat, lebih banyak aktivitas positif yang bisa kita kerjakan.

Dalam islam, olah raga dikenal dalam bentuk latihan atau riyadhah, yaitu melatih dan mendidik manusia untuk memperkuat jiwa dan fisiknya. orang yang kuat fisik dan jiwanya akan semakin dekat dan dicintai Allah SWT.
Dari Abu Hurairah, beliau berkata, Rasulullah Saw. bersabda,

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada Mukmin yang lemah, dan pada keduanya ada kebaikan.”
(HR. Muslim no.2664)

Berikut beberapa olahraga yang Rasulullah SAW gemari

Memanah

Olahraga memanah membutuhkan ketangkasan dan ketepatan bidikan. Diperlukan fisik yang sangat kuat untuk menarik tali busurnya dan dibutuhkan konsentrasi yang tinggi agar bidikannya tepat sasaran. Dalam ajaran Islam, olahraga memanah bukan hanya hobi atau untuk bercanda, tetapi salah satu bentuk persiapan ketika menghadapi musuh.

Allah Swt. berfirman,

“Dan bersiap-siaplah kamu untuk menghadapi mereka (musuh) dengan kekuatan yang kamu sanggup”
(QS. Al-Anfal [8]: 60)

Rasulullah Saw. menafsirkan ayat tersebut sebagai,

“Ketahuilah bahwa yang dimaksud ‘kekuatan’ itu adalah memanah, beliau ucapkan kata-kata itu hingga tiga kali.”
(HR. Muslim)

Berkuda

Sayyidina Umar ibn khatab pernah berkata,

“Ajarkanlah anak-anakmu berenang dan memanah, dan perintahkanlah mereka supaya melompat di atas punggung kuda.”
(HR. Ahmad)

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik, interaksi yang terjadi dengan kuda juga dapat memperkuat insting kita terhadap hewan peliharaan.

Berenang

Dari Jabir bin Abdillah Rasulullah Saw. bersabda,

“Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang.”
(HR. An-Nasa’i)

Renang adalah olah raga air yang menggerakkan seluruh bagian tubuh, mulai dari kepala hingga kaki. Renang sangat baik, terutama untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Selain itu, renang juga baik untuk membantu menstabilkan pernafasan dan olahraga yang cocok untuk program diet. Diperkirakan, kalori tubuh bisa terbakar hingga 24% setelah berenang.

Itulah beberapa olahraga yang sangat Rasulullah SAW gemari. bukan tanpa sebab Rasulullah SAW gemari olahraga tersebut, namun dibalik itu semua terkandung manfaat yang sangat besar.

Disisi lain juga olahraga tersebut akan dipakai umat islam diperang akhir zaman Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW. bersabda:“Tidak akan datang hari kiamat sehingga kaum muslimim memerangi kaum Yahudi dan membunuh mereka. Sehingga bersembunyilah orang-orang Yahudi di belakang batu atau kayu, kemudian batu atau kayu itu berkata, ‘Wahai orang muslim, wahai hamba Allah, ini ada orang Yahudi di belakang saya, kemarilah dan bunuhlah dia!’ Kecuali pohon Gharqad (yang tidak berbuat demikian) karena ia termasuk pohon yahudi.

Dan perang akhir zaman melawan Dajjal umat muslim berperang menggunakan pedang, panah dan alat konvensional lainnya, karena disaat itu tekhnologi benar-benar tidak bisa digunakan adapun kendaraan yang kita pakai adalah kuda, .unta dan gajah

Olah raga memanah, berkuda, berenang sampai sekarang masih popuper dan bahkan sudah menjadi cabang oleh raga yang dilombakan di level nasional sampai internasional. Tidak ada alasan lagi kita di jaman sekarang untuk tidak bisa mencontoh olah raga yang digemari oleh rasulullah. Semakin banyak tempat olah raga menyediakan alat yang siap untuk digunakan untuk olah raga.

Share This

Share This

Share this post with your friends!