Pada Masa Ta’aruf Siswa SDIT Al Hasanah 1 Kota Bengkulu (MASTAH) tahun ini SDIT Al Hasanah 1 melakukan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dan persiapan sebelum kegaiatan belajar mengajar kembali aktif dilakukan. Salah satunya dengan melakukan kegiatan kunjungan edukasi atau rihlah. Rihlah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap awal semester.

kelas-5-sdit-alhasanah-1-rihlah-ke-museum-provinsi-bengkulu

Kegiatan rihlah kelas 5 tahun ini dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Juli 2023 bersama wali kelasnya mengunjungi Museum Negeri Bengkulu. Semua peserta rihlah berangkat menuju lokasi dengan antusias, penuh semangat untuk memperoleh pengalaman pembelajaran yang baru. Dengan menggunakan mobil angkutan umum semua siswa dan guru berangkat menuju Museum Negeri Bengkulu yang beralamatkan di Jalan Pembangunan Padang Harapan No 08 Bengkulu.

Setibanya di lokasi, seluruh siswa berkumpul di taman museum untuk mendengarkan sambutan dan pengarahan dari pihak pengelola museum. Siswa terlihat antusias mendengarkan dan memperhatikan pemaparan yang disampaikan oleh pihak pengelola, dimulai dari sejarah berdirinya Museum Negeri Provinsi Bengkulu dan motivasi untuk peserta agar membangun jiwa cinta tanah air dan menghargai peninggalan-peninggalan sejarah, khususnya yang ada di Bengkulu.

Setelah itu, semua peserta rihlah diajak untuk memasuki ruangan museum untuk mengamati peninggalan-peninggalan yang ada di dalam museum. Dengan jelas pihak museum menjelaskan satu per satu benda-benda dan artefak peninggalan apa saja yang ada di museum Bengkulu ini. Beberapa kali siswa antusias menanyakan benda-benda koleksi museum yang menarik perhatiannya kepada pengelola. Sesekali meraka mencatat informasi apa saja yang bisa diambil dari penjelasan pihak pengelola museum mengenai peninggalan-peninggalan tersebut. Sesekali ustadz dan ustadzah yang mendampingi mendokumentasikan beberapa koleksi dan momen pengalaman belajar siswa di luar kelas saat ini.

Dari perjalanan kali ini diharapkan siswa mendapatkan pengetahuan dari apa yang tidak mereka dapatkan di sekolah. Tujuan dari kegiatan pembelajaran di luar sekolah ini yakni, untuk menambah ilmu pengetahuan berbagai jenis dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue anak tat. Itulah rangkaian kegiatan rihlah kelas 5 SDIT Al Hasanah 1 Bengkulu. Semoga kegiatan rihlah ini bermanfaat. Aamiin ya Rabbalal’aamiin.

Share This

Share This

Share this post with your friends!