SDIT Al Hasanah 1 Kota Bengkulu telah melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023. Pelaksanaan ANBK yang berlangsung selama 2 hari ini, yaitu hari Rabu dan Kamis tanggal 25–26 Oktober 2023, alhamdulillah berjalan dengan lancar.
Asesmen Nasional ini diikuti oleh 30 siswa kelas 5 SDIT Al Hasanah 1 yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 murid perempuan serta 5 cadangan. Mereka dipilih secara random oleh pusat data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kegiatan asesmen dibagi 2 sesi di mana setiap pelaksanaannya dipilih oleh pusat data. Mereka dites kemampuannya dalam hal Literasi, Numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.
Pelaksanaan Asesmen Nasional di SDIT Al Hasanah 1 menggunakan metoda daring/online. Data yang dikerjakan oleh siswa langsung terkirim seutuhnya ke server Kemendikbud. Data yang terkirim akan diolah menjadi rapor sekolah dan akan menjadi bahan evaluasi oleh sekolah nantinya.
ANBK tahun ini diawasi oleh pengawas silang, Ibu Wiwit Dwi Seplin, S.Pd. Selama 2 hari beliau memberikan nilai positif setiap pelaksanaan ANBK di SDIT Al Hasanah 1. Kegiatan asesmen ini juga dipantau langsung oleh Diknas melalui kunjungan monev ke SDIT Al Hasanah 1 pada hari pertama pelaksanaan ANBK 2023.
SDIT Al Hasanah 1 patut bersyukur atas pencapaian rapor mutu sekolah yang diperoleh dari ANBK tahun 2022 yang lalu. Atas hasul tersebut alhamdulillah SDIT Al Hasanah 1 mendapat reward BOS Kinerja. Setelah pelaksanaan ANBK tahun 2023 ini, maka diharapkan bahwa SDIT Al Hasanah 1 mampu meningkatkan hasil Asesmen Nasional atau bisa mempertahankan capaian sebelumnya.
Asesmen Nasional ini sendiri bertujuan untuk pemetaan mutu satuan pendidikan. Data yang dikelola pusat akan menghasilkan Perencanaan Berbasis Data (PBD) sekolah. PBD berguna untuk satuan pendidikan dalam memperbaiki kekurangan proses belajar mengajar. Hasil PBD ini akan terekam semua di rapor sekolah. Tujuan lainnya adalah untuk pemetaan satuan pendidikan jenjang Dasar antara lain: meningkatkan kualitas belajar mengajar, meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi, serta menganalisis karakter dan lingkungan sekolah.