Setelah Al Hasanah Qualitan Training Center (AQUATIC) dan SDIT Al Hasanah melaksanakan serangkaian pembinaan terkait standar konsep dan proses pembelajaran matematika di tahap pertama, para guru SDIT Al Hasanah melanjutkan pembinaan dengan melibatkan beberapa orang siswa untuk ikut belajar bersama. Tak hanya guru dan orangtua, siswa juga aktif dilibatkan dalam kegiatan ini. Di pelatihan ini anak-anak diundang untuk datang ke sekolah untuk mengikuti pembelajaran matematika daring melalui zoom dengan Ki Ipud sebagai tutornya. Pelatihan ini dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama Selasa, 11 Agustus 2020 diikuti oleh 16 orang siswa kelas 3-4 dan sesi kedua dilaksanakan pada Rabu, 12 agustus 2020 diikuti oleh 8 orang siswa kelas 2.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan contoh langsung kepada guru-guru mengenai proses pembelajaran matematika sesuai konsep math master. Sehingga guru-guru dapat melihat bagaimana pembelajaran matematika seharusnya diajarkan dengan mengutamakan pemahaman konsep, aplikasi konsep dan menumbuhkan pemahaman ke anak-anak bahwa matematika itu mudah.

Pembinaan tahap kedua Ini Ki Ipud memberikan panduan secara langsung guru-guru mengenai langkah-langkah penerapan Math Master yang telah disampaikan sebelumnya, yaitu:

  1. Mengerjakan modul setelah memastikan sudah memahami konsep dan bisa cara mengerjakannya.
  2. Sebisa mungkin ada pendamping
  3. Mencatat lamanya mengerjakan di kolom time
  4. Mencatat skor yang diperoleh
  5. Mengerjakan minimal 3 halaman dalam satu kali tatap muka, yaitu satu halaman pemantapan,
  6. Proses mengerjakan modul latihan dilakukan setiap kolom dengan langsung dilakukan pencocokan jawaban dan scoring.
Share This

Share This

Share this post with your friends!