Pada hari Senin-Selasa, 13-14 September 2021, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SDIT Al Hasanah 1 bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Telaga Dewa Kota Bengkulu melaksanakan kegiatan penjaringan kesehatan jiwa (Keswa) dan kesehatan indra.

Sasaran kegiatan ini adalah siswa kelas 1 dan kelas 6. Untuk siswa kelas 1 dilaksanakan pemeriksaan kesehatan mata, telinga, gigi, kuku, pengukuran tinggi dan berat badan, serta pengisian kuesioner penjaringan kesehatan peserta didik. Sedangkan untuk kelas 6 diadakan pemeriksaan kesehatan jiwa (keswa) melalui pengisian symptom checklist (PSC).

Program penjaringan kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan peserta didik. Kegiatan ini bisa menjadi dasar untuk mendeteksi masalah kesehatan yang dialami anak didik dan berpotensi mengganggu proses belajar-mengajar. Sekolah bisa membudayakan perilaku hidup sehat dan bersih. Tindak lanjut dari penjaringan ini tergantung penyakit yang didapati. Kepala SDIT Al Hasanah 1 berharap untuk ke depannya UKS SDIT Al Hasanah 1 dan UPTD Puskesmas Telaga Dewa Kota Bengkulu dapat terus bekerjasama.

Share This

Share This

Share this post with your friends!