Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SDIT Al Hasanah 1 bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Telaga Dewa mengadakan sosialisasi kesehatan reproduksi (kespro) remaja bagi siswa kelas 6, (Selasa, 6/9). Sebab, tingkat kematangan reproduksi remaja mengalami kemajuan, sehingga mereka perlu dibekali ilmu tentang sistem fungsi dan proses reproduksi.

uks-sdit-alhasanah-1-sosialisasi-kesehatan-reproduksi-remaja-2
Salah satu contoh adalah perubahan fisik dan karakter pada fase peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Mereka yang berumur 10-19 tahun banyak mengalami perubahan fisik atau psikososial pada pertumbuhannya.

Tim puskemas Ibu Puspita Sari, S.Tr Keb dan Ibu Yudiarti, S.KM menjelaskan perubahan fisik pada remaja putri antara lain payudara mulai tumbuh, rambut kemaluan mulai tumbuh, haid, keringat lebih banyak, dan tumbuh jerawat. Sementara perubahan fisik pada remaja laki laki diantaranya tumbuh jakun, tumbuh kumis/janggut, organ kelamin membesar, suara berubah menjadi berat, pundak dan dada tampak bidang, mimpi basah, dan tumbuh rambut di kemaluan. Selain memiliki pengetahuan tentang reproduksi, para siswa juga dibekali untuk menjaga kebersihan kesehatan fungsi organ tersebut.

uks-sdit-alhasanah-1-sosialisasi-kesehatan-reproduksi-remaja-3

Alhamdulillah ketiga kegiatan dapat berjalan baik dan lancar. Dengan mendapat informasi yang benar diharapkan para siswa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan nantinya SDIT Al Hasanah 1 tidak hanya menghasilkan generasi yang beriman dan berilmu tetapi juga generasi yang sehat, kuat dan tangguh. Aamiin.

Share This

Share This

Share this post with your friends!