Pada hari Jumat 16 September 2022 Perpustakaan SDIT Al Hasanah 1 Bengkulu, Zaid bin Tsabit, menyelenggarakan Workshop Pengembangan Sistem Otomasi Perpustakaan berbasis Senayan Library Managemen System (SLiMS).  Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari setiap unit pendidikan  di bawah naungan Yayasan Al Hasanah (YAH), yaitu PAUD IT Al Hasanah 1, PAUD IT Al Hasanah 2, SDIT Al Hasanah 1, SDIT Al Hasanah 2, SMPI Al Hasanah, SMAIT Al Hasanah, dan Ponpes Al Hasanah.

sdit-alhasanah-1-bengkulu-gelar-workshop-SLiMS-Perpustakaan-4

Acara dibuka oleh Kepala SDIT Al Hasanah 1, Ustadzah Sri Wahyuni, S.Pd.Gr. Beliau berharap dengan adanya workshop ini dapat meningkatkan kualitas perpustakaan di lingkungan YAH menjadi perpustakaan yang unggul, dengan memberikan manfaat dan dapat dinikmati oleh pengguna dengan ruang lingkup yang lebih luas. Selain itu, dengan penerapan perpustakaan berbasis otomasi dan website ini akan membuat pekerjaan rutin pustakawan menjadi efektif, efesien, akuntabel, mudah, dan lain-lain.

sdit-alhasanah-1-bengkulu-gelar-workshop-SLiMS-perpustakaan-2

Materi workshop disampaikan oleh Bapak Jurianto, A.Md.Kom.,S.Pd.I., M.Hum. Perpustakaan unit pendidikan YAH akan menggunakan software SLiMS 9 Bulian. Bapak Jurianto menerangkan tentang manajemen perpustakaan berbasis software, manajemen perpustakaan berdasarkan acuan dari bidang perpustakaan, penelusuran informasi sebagai bagian dari pengelolaan di perpustakaan, dan penerapan manajemen perpustakaan berbasis software.

sditla-alhasanah-1-bengkulu-gelar-workshop-SLiMS-perpustakaan-3

SLiMS merupakan perangkat lunak yang bersifat open source yang digunakan sebagai sistem manajemen perpustakaan yang pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakaan Kemendikbud. SLiMS terus berinovasi dan berkembang sangat pesat, mulai dari SLiMS 3.14 (Seulanga) hingga versi yang terbaru SLiMS 9 (Bulian) yang dirilis pada tahun 2020. Dan tentunya aplikasi ini sudah online, pemustaka (pengguna) bisa mengakses melalui smartphone tanpa harus berkunjung ke perpustakaan.

 

Share This

Share This

Share this post with your friends!