Hari/ Tanggal: Sabtu, 13 April 2019
Nama Kegiatan: “Refreshing Time Kelas 6 angkatan ke-XI SDIT Al Hasanah TA. 2018/2019”
Tempat: Samudera/Mercusuar Merah Pelabuhan Pulau Baai Kota Bengkulu

Bismillahirohmanirahim.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hallo sahabat muslim yang dimuliakan Allah, kita mau berbagi cerita lagi nih tentang aktivitas siswa/i kelas 6 angkatan ke-XI SDIT Al Hasanah Bengkulu. SDIT Al Hasanah Bengkulu selalu banyak aktifitas yang mengasyikan bagi siswa/i nya setiap waktu. Tidak beberapa lama setelah siswa/i kelas 6 angkatan ke-XI SDIT Al Hasanah Bengkulu melaksanakan kegiatan Field Trip Education kini mereka melaksanakan kegiatan yang namanya Refreshing Time.

Refreshing Time ini dilakukan di alam terbuka/alam bebas di sebuah lokasi wisata Kota Bengkulu (Samudera, Mercusuar Merah Pelabuhan Pulau Baai Kota Bengkulu).

Di lingkungan terbuka atau di alam bebas, akan membuat mereka mendapatkan ruang bebas untuk mengeksplorasi dirinya dan mencari tahu akan banyak hal. Mereka akan memenuhi rasa penasarannya dan merasakan bagaimana rasanya alam bebas. Pengalaman seperti ini sangat berharga bagi anak-anak dan mereka akan mengenangnya sebagai hal yang menyenangkan.

Memberi kesempatan bagi anak untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan asing akan membuat mereka tidak mudah merasa takut pada lingkungan baru yang asing. Akan ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengajak anak bermain di alam bebas. Diataranya membuat anak lebih fokus dan meminimalkan stress.

Refreshing Time merupakan sebuah program tahunan sekolah bagi kelas 6 yang bertujuan memberikan mereka pengalaman baru di alam terbuka agar pikiran mereka lebih fresh/tidak ada beban pikiran yang berat atau yang mengganggu.dan lebih fokus menghadapi USBN dan US nantinya.

Selain menjadi sebuah wadah penyegaran pola pikir bagi siswa/i, Refreshing Time juga dimaksudkan untuk mempererat tali ukhuwa antara siswa dan guru. Hingga nanti suatu saat mereka sudah tidak lagi berada di SDIT Al Hasanah, mereka akan tetap terkenang semua memori indah yang pernah dilewati dalam kebersamaan dikegiatan Refreshing Time ini umumnya dan kebersamaan selama 6 tahun menjadi siswa/i SDIT Al Hasanah khususnya.

Refreshing Time Kelas 6 angkatan ke-XI SDIT Al Hasanah TA. 2018/2019 bertemakan “Refreshing Time Ceria” dengan jumlah peserta 87 siswa/i ini dimulai pukul 06.30 WIB. Sholat Dhuhah mengawali kegiatan dipagi harinya sebelum keberangkatan ke lokasi.

Pukul 07.00 WIB semua guru dan siswa menggunakan angkutan umum yang sudah disiapkan, berangkat menuju lokasi Refreshing Time dengan penuh semangat dan keceriaan sepanjang perjalanan.

Setiba dilokasi Samudera / Mercusuar merah Pelabuhan Pulau Baai Kota Bengkulu, kepala sekolah langsung memberikan arahan dan membuka acara secara resmi, dan games pun di mulai. Gamesnya adalah petualangan mencari harta karun yang sudah disiapkan sebelumnya oleh panitia. Games ini merupakan games yang sangat seru dan memacu adrenalin para peserta.

Berbagai keseruan mulai terjadi ketika siswa/i berkumpul dengan kelompoknya masing-masing untuk berlomba memecahkan teka-teki keberadaan harta karun. Karena setiap kelompok dituntut kekompakan, ketangkasan, wawasan pengetahuan dan kecerdasannya di masing-masing pos games yang ada. Hingga nanti di akhir games kelompok yang berhasil menemukan harta karun keluar sebagai pemenangnya. Tidak hanya itu kelompok yang lain juga disediakan hadiah/door prize menarik sebagai apresiasi untuk perjuangan mereka.

Disisi lain ustadz/ustadzahnya ada yang menyiapkan makanan dan minuman untuk siswa/i yang mungkin kelelahan setelah bermain. Kurang lebih pukul 10.30 WIB waktunya mengisi energy yang terkuras dengan makan bersama.

Usai istirahat, siswa/i diperbolehkan bermain dengan mainannya masing-masing yang sudah dibawa dari rumah. Ada yang bermain bola di tepi pantai, ada yang bermain petak umpet dan permainan lainnya. Alhamdulillah siswa/i kelas 6 SDIT Al Hasanah Bengkulu angkatan ke XI benar-benar terlihat riang gembira dalam suasanan Refreshing Time ini.

Diakhir acara, setelah pembagian hadiah siswa/i dan guru karyawan SDIT Al Hasanah berdo’a dengan khusyuk untuk kesuksesan siswa/i kelas 6 angkatan ke XI di USBN tahun ajaran 2018/2019. Acara ditutup dengan halal bi halal antar siswa dan guru karyawan SDIT Al Hasanah.

Pada kesempatan ini beberapa testimoti dari siswa/i terhadap kegiatan ini sangat baik. Siswa/i merasa beban-beban pikiran serta rasa takut dan kecemasan mereka dalam menghadapi ujian bisa berkurang, sehingga mereka benar-benar mampu menghadapi USBN dengan pola pikir yang jernih dan tenang.

Artinya refreshing time ini memang dapat berdampak positif bagi siswa/i. Dengan membawa siswa/i mengeksplorasi alam bebas mampu mempengaruhi pola pikir mereka agar menjadi lebih fresh / tidak ada beban pikiran yang berat atau yang mengganggu sehingga meningkatkan fokus/konsentrasi mereka.

Oke sahabat muslim yang dimuliakan Allah, sekian dulu ya cerita hari ini…sampai jumpa di cerita-cerita kegiatan sekolah kita yang selanjutnya ya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Share This

Share This

Share this post with your friends!