Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Hasanah 1 Bengkulu mengadakan webinar parenting dengan tema “Kiat Sukses Mendidik Generasi Z Berakhlak dan Berprestasi”, Sabtu pagi (4/9). Parenting kali ini diisi oleh salah satu trainer kenamaan Indonesia, Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari, atau lebih dikenal dengan sapaan Abah Ihsan.

Kegiatan parenting dibuka secara resmi oleh Ketua Yayasan Al Hasanah (YAH) Bengkulu Bapak Yusran Hasymi, M.Kep. Beliau mengajak wali murid berkolaborasi dan bersinergi dengan pihak sekolah dalam memberikan pendidikan terbaik bagi sang anak. Pada kesempatan ini Bapak Yusran menyerahkan secara seimbolis sertifikat beasiswa pendidikan untuk TA. 2021-2022 kepada siswa di lingkungan Al Hasanah. Harapannya ke depan, ini dapat bermanfaat bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan dan memajukan peradaban generasi Z Islam saat ini.

Generasi Z, adalah Generasi yang lahir 1995-2010 yang menempati sekitat 30% dari penduduk indonesia saat ini (2021). Generasi ini merupakan calon penerus bangsa dan agama Islam di masa yang akan datang. Untuk itu generasi Z ini, harus dipersiapkan mulai dari sekarang agar bangsa dan agama Islam ke depannya berjaya.

Abah Ihsan membagikan kiat-kiat untuk mendidik generasi Z agar memiliki akhlak yang baik serta berprestasi, yaitu:

1. Sebagai orang tua utamakan anak sebagai prioritas dibandingkan hal yang lain. Tugas mendidik anak tidak hanya dibebankan kepada Ummu, tapi Abu memiliki tanggung jawab yang besar dalam mendidik anak.

2. Mendidik dan mendampingi anak dalam proses tumbuh kembangnya (fisik dan psikologi). “Yang sering terabaikan oleh orang tua saat ini yaitu perkembangan psikologi/mental anak,” imbuhnya.

3. Sediakan waktu khusus untuk bercengkrama bersama anak di rumah, bukan menyisakan waktu, tapi benar-benar menyediakan waktu untuk sejenak mengobrol bersama anak. Dan di saat bersama anak, upayakan untuk menghadirkan jiwa kita bersama mereka dan mengesampingkan hal lain terlebih dahulu sehingga anak merasa berharga di mata orang tuanya.

Orang tua juga harus selalu memperkuat kompetensi dirinya sebagai sosok orang tua melalui proses belajar yang kontinu sehingga dapat menentukan langkah yang tepat dalam mendidik anak. Apalagi dalam mendidik anak di usia generasi Z saat ini yang sudah mengenal gadget di masa perkembangannya. Gadget merupakan tantangan utama bagi orang tua dalam menjalankan perannya. Dalam menggunakan gadget Abah Ihsan memberikan tips berupa prinsip penggunaan gadget bagi anak, yaitu 3D, dibutuhkan, didampingi dan dipinjamkan.

Alhamdulillah webinar parenting berjalan dengan lancar dan cukup memukau 250 orang partisipan dari wali murid kelas 1, 2 dan 3 serta segenap guru dan karyawan SDIT Al Hasanah 1.

Share This

Share This

Share this post with your friends!