Siswa kelas 5 SDIT Al Hasanah 1 mengadakan kegiatan wisata edukasi ke Museum Negeri Bengkulu yang berlokasi di jalan Pembangunan Padang Harapan Kota Bengkulu, (Senin, 27/9).

Karena masih kondisi pandemi Covid-19, siswa dibagi ke dalam 3 kelompok sesuai dengan kapasitas ruangan guna menghindari terjadinya kerumunan. Dipandu oleh tim museum, mereka berkeliling mengamati koleksi peninggalan sejarah. Anak-anak belajar mengenal sejarah dengan melihat, mengamati dan menyaksikan secara langsung benda-benda peninggalan sejarah budaya zaman dahulu yang tersimpan rapi di Museum Negeri Bengkulu. Pembelajaran di luar ini bertujuan untuk mendekatkan anak dengan lingkungan, mempermudah pemahaman materi dengan melihat langsung kegiatan di tempat yang dikunjungi.

Anak-anak sangat menyenangi rihlah edukasi ini yang merupakan program tahunan SDIT Al Hasanah. Hal ini terlihat dari semangat dan antusias mereka mengikuti rangkaian aktivitas selama di lokasi. Selain menyenangkan bagi siswa, kegiatan ini juga memfasilitasi mereka berkerativitas dan mengembangkan pendidikan dengan pendekatan contextual learning. Peserta didik terlibat langsung mulai dari melakukan pengamatan, menggali informasi, mencatat dan menyelesaikan tugas tentang sejarah khususnya budaya Kota Bengkulu. Yang tidak kalah seru adalah anak-anak mempunyai penngalaman dan cerita tentang Museum Negeri Bengkulu.

Share This

Share This

Share this post with your friends!